PENERAPAN METODE ANTRIAN UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA KEPADATAN JUMLAH ANTRIAN DI STASIUN BANYUWANGI BARU

Harliwanti Prisilia, Harliwanti (2015) PENERAPAN METODE ANTRIAN UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA KEPADATAN JUMLAH ANTRIAN DI STASIUN BANYUWANGI BARU. PENERAPAN METODE ANTRIAN UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA KEPADATAN JUMLAH ANTRIAN DI STASIUN BANYUWANGI BARU, 15 (2). ISSN 1693-5128

[img] Text (JURNAL)
07 PENERAPAN METODE ANTRIAN UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA KEPADATAN JUMLAH ANTRIAN DI STASIUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 29 December 2025.

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (CEK PLAGIAT)
07 PENERAPAN METODE ANTRIAN UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA KEPADATAN JUMLAH ANTRIAN DI STASIUN.pdf - Other
Restricted to Registered users only until 27 December 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (PEER REVIEEW)
PEER REVIEW.pdf - Other
Restricted to Registered users only until 30 December 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia bisnis meningkat pesat saat ini terutama pada sektor jasa. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa segala aktivitas kita tidak lepas dari sektor jasa transportasi, telekomunikasi, Finansial, Hiburan, kesehatan dan sebagainya.Permintaan akan sektor jasa yang mengalami perkembangan adalah sektor tranportasi. Transportasi merupakan sarana perkembangan yang penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian dan mempengaruhi semua aspek kehidupan.Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui model antrian pada loket karcis Stasiun Banyuwangi Baru PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi IX Jember. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan dan pertimbangan kebijakan bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan jumlah jalur pelayanan yang ideal dalam mengantisipasi terjadinya kepadatan jumlah antrian pada loket karcis kereta api kelas ekonomi.Teknik pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dari data keterlambatan kedatangan dan keterlambatan keberangkatan KA probowangi (kelas ekonomi) di stasiun Banyuwangi baru. Data tersebut di uji dengan menggunakan bantuan software QSB (Quantitative System for Business) sebagai penunjang proses pengambilan keputusan mengenai alternatif-alternatif jumlah fasilitas pelayanan (server).Hasil penelitian menunjukan bahwa maka penambahan fasilitas pelayanan (server) adalah solusi yang tepat untuk meminimalisasi apabila terjadinya kepadatan jumlah antrian yang disebabkan meningkatnya pengguna jasa angkutan kereta api tersebut. menunjukkan bahwa banyaknya individu dalam sistem antrian termasuk yang sedang diproses (L) adalah 6 orang jika menggunakan 1 server. Sedangkan alternatif dengan menggunakan 2 server, maka terdapat 1 orang dalam sistem. Kemudian alternatif dengan menggunakan 3 server, maka terdapat 0,867 orang dalam sistem.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST.,MT HARLIWANTI PRISILIA SLAMET
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:20
Last Modified: 06 Jan 2021 07:20
URI: http://repo.untag-banyuwangi.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item