MODEL INTEGRASI LEAN MANUFACTURING DAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM BANYUWANGI

Harliwanti Prisilia, Harliwanti (2014) MODEL INTEGRASI LEAN MANUFACTURING DAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM BANYUWANGI. MODEL INTEGRASI LEAN MANUFACTURING DAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM BANYUWANGI. ISSN 978-602-97491-9-9

[img] Text (CEK PLAGIAT)
06 MODEL INTEGRASI LEAN MANUFACTURING DAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA PERUSAHAAN DAERAH.pdf - Other
Restricted to Registered users only until 30 December 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (PEER REVIEW)
PEER REVIEW.pdf - Other
Restricted to Registered users only until 30 December 2025.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (PROSIDING)
06 MODEL INTEGRASI LEAN MANUFACTURING DAN LEAN SERVICE UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA PERUSAHAAN DAERAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 30 December 2025.

Download (603kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu model integrasi lean manufacturing dan lean service pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Banyuwangi. Agar masyarakat dapat menikmati air bersih yang terjamin kualitas, kuantitas dan kontinuitasnya maka PDAM harus meningkatkan performansinya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan efisiensi dengan aplikasi konsep lean. Konsep lean bertujuan menghilangkan aktivitas-aktivitas Non Value Added yang merupakan pemborosan. PDAM Banyuwangi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang proses produksi maupun proses pelayanan, sehingga diperlukan pendekatan lean manufacturing dan lean service yang terintegrasi. Penelitian diawali dengan pembuatan Big Picture Mapping untuk mengidentifikasi waste baik di proses produksi maupun proses pelayanan. Dilanjutkan dengan penentuan waste kritis melalui kuisioner terhadap pihak PDAM. Waste kritis pada proses produksi adalah waste Inappropriate Processing, Excessive Transportation, dan Waiting. Sedangkan Waste kritis pada proses pelayanan adalah Waste Waiting, Defect dan Inappropriate Processing. Setelah diketahui waste kritisnya, tahap berikutnya adalah Root Cause Analysis (RCA) untuk tiap waste kritis yang diikuti dengan pemetaan hubungan keterkaitan antar waste proses produksi dengan waste pelayanan. Berdasarkan dari hubungan keterkaitan dihasilkan model konseptual integrasi antar waste proses produksi dan proses pelayanan PDAM Banyuwangi

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST.,MT HARLIWANTI PRISILIA SLAMET
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:15
Last Modified: 26 Jan 2021 08:15
URI: http://repo.untag-banyuwangi.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item