PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Candra, Hermawan (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Progressif, 14 (1). pp. 21-24. ISSN 1693-4083

[img] Text
1. Dokumen Jurnal PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN.pdf - Accepted Version

Download (682kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media visual terhadap hasil belajar ranah kognitif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA 1 Negeri 2 Genteng. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa IPA 2 Kelas XI sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakukan model PBL ditambahkan bantuan media visual dan siswa IPA 1 Kelas XI sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data yang dihasilkan selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode statistik uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor rata-rata hasil belajar dengan model PBL dengan bantuan media visual memiliki rata-rata 87,13 sedangkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 77,13. Hasil uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,87 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,674, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning dengan bantuan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 2 Genteng.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.Pd. Candra Hermawan
Date Deposited: 07 Feb 2020 00:07
Last Modified: 07 Feb 2020 00:07
URI: http://repo.untag-banyuwangi.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item